Instruksi untuk Anak-anak

Memberikan Instruksi yang Baik kepada Anak-anak

Kakak berjalan saja

Kakak berjalan saja ya...

Apakah anak-anak moms tidak bisa malakukan suatu hal mudah yang moms perintahkan?

Salah satu alasanya adalah, mungkin cara moms meminta atau memberi petunjuk yang kurang dimengerti oleh anak-anak.

Anak-anak tidak bisa diperlakukan sama seperti yang moms lakukan pada teman, suami atau orang dewasa lainnya. Petunjuk atau perintah untuk anak-anak harus diberikan dengan cara yang mereka mengerti

Berikut ini adalah beberapa tips bermanfaat tentang cara memberikan instruksi atau perintah kepada anak-anak yang akan membuat moms dan anak moms lebih baik.

Sebelum memberikan perintah, pastikan bahwa anak moms sedang memperhatikan moms. Paling tidak moms harus berjarak tidak lebih dari 1 meter dari mereka, sehingga moms bisa berbicara dengan tenang dan tidak berteriak. Hal ini membantu anak moms agar dia tahu bahwa moms sedang berbicara dengan dia. Moms bisa menarik perhatiannya dengan memanggil namanya dan membuat kontak mata.

  • Jelas dan singkat – Instruksi harus singkat dan to the point. Semakin sedikit kata-kata semakin baik. Satu kata per usia anak, idealnya. Contoh: perintah untu anak usia satu tahun: “sepatu”, perintah untuk anak 4 tahun: “kakak, tolong ambil sepatu mama”. Jika terlalu banyak kata, menjadi sulit bagi anak untuk mengetahui apa yang moms inginkan. Instruksi juga harus bebas dari kata-kata yang samar dan tidak jelas.
  • Berikan satu instruksi pada satu waktu – Jangan berikan anak moms daftar panjang instruksi. Ketika moms memberi lebih dari satu perintah pada satu waktu, anak mungkin lupa, tidak mengerti, atau merasa kewalahan.
  • Jadilah realistis – Berikan anak moms instruksi yang moms tahu dia bisa mengikuti. Misalnya, jangan berharap anak 3 tahun untuk sepenuhnya berpakaian sendiri.
  • Jadilah positif - Biarkan anak moms tahu apa yang moms ingin mereka lakukan, bukan tidak boleh dilakukan. Ketika kita akan menggambarkan perilaku negatif “jangan lari” kita masih mempunyai banyak pilihan lain yang bersifat positif seperti “berjalan saja ya sayang” atau “jalannya pelan-pelan ya”.
  • Jangan bertanya, tetapi perintahkan. Jangan mengatakan “Adik mau pakai sepatu sendiri?” atau “Adik bisa pakai sepatu sendiri kan?” Sebaliknya, katakan kepadanya dengan tegas tapi dengan suara yang menyenangkan mengenai apa yang moms inginkan. “Ayo dik, pakai sepatunya”.
  • Berikan Reward- biarkan anak moms tahu bahwa dia melakukan pekerjaan yang baik mengikuti instruksi. Pujilah dia. Semakin moms memujinya semakin besar peluang bahwa dia akan mengikuti petunjuk di kemudian hari.

    Contoh Petunjuk yang Baik:
    * Rayhan, ambilkan mama buku itu..
    * Abigail, cuci tangan dulu ya.
    * Naila, lihat buku ini, sayang.
    * Reza, tolong masukkan tiga bola ini ke dalam ember.
    * Jessie, berjalanlah di samping mama.

Happy Parenting!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s