Adik Baru

Mempersiapkan “Sang Kakak” Menerima “Adik Baru”

By Yenie

Love you, adik

Love you, adik...

Kehadiran anak kedua pasti merupakan anugerah yang tak kalah nikmatnya dari kehadiran anak pertama. Tetapi, apakah hal ini juga dirasakan “sang kakak”?

Kita pasti sempat berfikir bagaimana reaksi “sang kakak” dengan kehadiran “adik baru”nya.

“Sang Kakak” pasti merasa bingung dan ragu tentang bagaimana kehidupan akan berubah ketika adik barunya pulang dari rumah sakit. Mungkin dia takut perhatiannya akan berkurang dengan adanya adik baru, mungkin pula dia senang karena ada “teman”.

Waktu terbaik untuk memberi tahu anak Anda tentang berita menyenangkan itu adalah ketika perut ibu menjadi terasa lebih besar atau 3-2 bulan sebelum kedatangan bayi. Jika Anda memberitahu lebih cepat, akan menunggu terlalu lama untuk si kecil. Namun, jika Anda menunggu terlalu lama lagi, dia tidak akan memiliki cukup waktu untuk menyesuaikan diri dengan adanya tambahan anggota keluarga.

Ada banyak cara agar anda dapat mempersiapkan anak pertama Anda untuk kedatangan seorang adik kecil, seperti:

• Memperkuat peran barunya sebagai kakak dengan mengacu pada bayi Anda sebagai “adiknya atau saudara perempuan” bukan “bayi baru” atau “ibu bayi.”

• Melibatkan dia dalam persiapan kedatangan bayi dengan menyuruhnya membantu memilih nama bayi dan pakaian pulang, membantu untuk mendekorasi kamar anak-anak dan ibu membantu mengepak koper untuk rumah sakit.

• Membiarkan dia ikut pada kunjungan sebelum melahirkan sehingga ia dapat mendengar detak jantung bayi atau melihat gambar bayi selama USG.

• Ajak dia membaca atau melihat majalah dengan foto-foto kakak-adik, atau menunjukkan anak saudara atau tetangga yang memiliki adik.

Sementara Anda berada di rumah sakit, pastikan untuk tetap berhubungan dengan anak Anda sebanyak yang Anda bisa. Ini akan meyakinkan dia bahwa semuanya baik-baik saja dan bahwa Anda akan pulang secepat mungkin. Ketika ia mengunjungi rumah sakit, pastikan bayi dalam sebuah box bayi, sehingga tangan Anda bebas untuk memberinya pelukan hangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s