3 Tips Penting Memilih Mainan Edukatif

Memilih mainan terbaik untuk si kecil bisa jadi gampang-gampang susah, yang terpenting adalah bagaimana mainan tersebut memiliki manfaat yang terbaik bagi perkembangan buah hati anda. Berikut ini tips-tips yang bisa anda gunakan dalam memilih mainan:

Kesesuaian usia adalah kunci
Ketika memilih mainan anak murah pertama untuk aktifitas si kecil, penting untuk anda ketahui tingkat perkembangan mental dan usianya.Mainan edukatif untuk usia 6-12 bulan

  • Pilih mainan yang sesuai dengan tingkat belajarnya. Cobalah untuk menemukan mainan yang akan menantang perkembangan ketrampilan tetapi tanpa membuatnya frustasi.
  • Selalu cek label usia di setiap kemasan mainan. Label usia yang terdapat pada kemasan memang berdasarkan pada kemampuan mental dan fisik anak, kebutuhan bermain, minat dan safety. Sebagai contoh untuk mainan yang memiliki bagian-bagian kecil ada peringatan bahaya tertelan oleh anak di bawah usia 3 tahun.

Merangsang indera
Setiap hari bagi anak merupakan saat yang penuh dengan penemuan hal baru. Aktifitas dan mainannya haruslah didisain untuk merangsang perkembangan indera buah hati anda.

  • Mainan yang dapat digigit atau mempunyai tekstur, bentuk dan warna yang menarik, dapat mengeluarkan suara akan membantu si kecil dalam bereksplorasi dan belajar.
  • Untuk membimbing rasa peduli anak tentang bagaimana sesuatu itu terjadi, mainan harus mudah digunakan dan merangsang interaksi.
  • Bila si kecil tidak menunjukkan minat ketika anda memberikan satu mainan baru, mungkin dia belum siap untuk itu. Sementara jauhkan mainan itu dan berikan di waktu yang lain.

Selalu utamakan keselamatan
Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Orang tua haruslah selalu mengingat safety(keselamatan) manakala memilih mainan untuk buah hatinya.

My English E-Book

Mainan untuk usia 2-5 tahun

  • Pastikan mainan anak tersebut kuat dan dalam ukuran yang aman tanpa ada bahaya menggores atau tertelan.
  • Pastikan permukaan mainan tidak terbuat dari material atau cat yang tidak aman dan mudah mengelupas.
  • Pastikan pula mainan tersebut sudah mencantumkan label standard kualitas international misalnya CE dan ASTM di kemasannya atau standard nasional seperti SNI.

source : http://www.bayisehat.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s