5 Kebiasaan Agar Gigi Anak Sehat

Pembusukan gigi merupakan hal kronis yang umum terjadi pada anak di AS. Jika dibiarkan tak terawat, gigi yang membusuk ini bisa menjalar menjadi banyak masalah seperti bicara, pendengaran, belajar serta interaksi sosial. Lalu apa yang semestinya Moms lakukan untuk mencegah terjadinya hal ini pada si kecil? Anda dapat mengajarkan kebiasaan sehat seperti yang dirangkum dari She Knows pada anak agar kondisi tersebut tak terjadi pada buah hati.

1. Jangan tunggu hingga gigi bayi tumbuh

Tahukah Moms menurut rekomendasi American Academy of Pediatric(AAP), sejak bayi berusia satu minggu setelah kelahiran, Anda bisa mulai membersihkan gusinya menggunakan kain bersih atau tisu dengan air.

2. Sikat gigi sesegera mungkin

Ketika gigi si kecil mulai tumbuh, sikatlah giginya dua kali sehari menggunakan sikat halus khusus untuk bayi. Pilihlah pasta gigi khusus untuk bayi dan anak untuk mengurangi paparan dari fluoride. Untuk anak dibawah usia dua tahun, seoles odol sebesar kacang hijau sudah cukup. Setelah si kecil berusia dua tahun, oleskan pasta gigi sebesar kacang tanah hingga ia berusia delapan tahun.

Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan untuk menghindari terjadinya kerusakan gusi karena sikat yang sudah rusak.

3. Hindari berbagi makanan dengan bayi

Bayi tidak dilahirkan dengan bakteri yang membuat gigi menjadi busuk. Dengan mencicipi makanan bayi, Moms akan menularkan bakteri itu ke si kecil secara tidak sengaja kepada mereka. Untuk menghindari penularan ini hindari mencoba makanan yang akan diberikan pada bayi.

4. Konsumsi makanan sehat untuk gigi

Biasanya memakan terlalu banyak gula akan menyebabkan kerusakan gigi, tapi ada pula makanan yang bisa membantu mencegah kerusakan gigi ini. AAP merekomendasikan makanan ringan yang terbuat dari keju. Ini terjadi karena makanan tersebut menstimulasi kelenjar liur untuk membersihkan mulut dari sisa makanan serta melindungi gigi dari asam yang akan merusaknya.

Selain itu kandungan fosfor dan kalsium dalam keju akan membantu mineralisasi enamel pada lapisan gigi.

5. Jangan minum kecuali air putih setelah menyikat gigi malam hari

Jika anak Anda terbiasa minum susu atau jus sebelum tidur, hilangkan kebiasaan itu sebelum terlambat. Jangan minum atau makan apapun kecuali air putih setelah si kecil menggosok gigi di malam hari. Kerusakan gigi yang parah dan cepat bisa terjadi karena kebiasaan makan atau minum setelah menyikat gigi malam hari.

sumber : MOM – sheknows

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s